Disiplin dan kesuksesan saling terkait karena akan sulit mencapai kesuksesan tanpa kedisiplinan. Baik kehidupan pribadi maupun profesional menuntut kendali atas perilaku dan emosi sehingga tindakanmu menjadi cerminan kepribadianmu. Ini dia cara untuk tetap disiplin agar kamu bisa memiliki produktivitas dan efisiensi yang lebih baik.

1. Ketahui kekuranganmu.
Cara yang paling mudah untuk berdisiplin adalah membiasakan diri dengan kekurangan yang kamu miliki sehingga kamu dapat dengan mudah mengatasinya.

2. Buat tujuan dan rencana.
Tetapkan tujuan yang jelas dan realistis sehingga kamu dapat mencapainya dengan mudah. Jangan biarkan gangguan mengalihkanmu dari tujuan utamamu. Pertama, pikirkan dan kemudian buat rencana untuk menguraikan langkah-langkah tersebut secara deskriptif sehingga kamu dapat mempertahankan fokusmu.

3. Singkirkan godaan dari lingkunganmu.
Jauhkan godaan dari pandanganmu. Semakin sedikit hal yang mengganggumu, semakin baik untuk kamu mendisiplinkan dirimu sendiri.

4. Berlatih self-discipline.
Self-discipline adalah perilaku yang tidak diperoleh dari lahir. Self-discipline adalah suatu skill dan kamu harus mempelajarinya seperti skill lainnya.

5. Ingatkan dirimu sendiri.
Setiap orang membutuhkan dorongan untuk memulai sesuatu atau tetap melakukan sesuatu yang telah direncanakan. Tetap ingatkan dirimu sendiri bahwa kamu sedang mencari cara untuk disiplin.

6. Break dan reward adalah hal yang penting.
Jadwalkan waktu istirahat secara teratur sehingga kamu dapat memanjakan dirimu dengan hadiah atas pekerjaan yang telah dilakukan dengan baik.